Post

KELAS-KELAS BENIH

Oleh : Yusie Arisanti, SP., MSi
Dalam rangka mencukupi kebutuhan benih, benih dari varietas baru yang telah ditemukan dan resmi dilepas oleh  Menteri Pertanian  perlu diperbanyak. Perbanyakan benih tersebut dilakukan oleh lembaga-lembaga milik pemerintah maupun swasta (penangkar benih) yang legalitasnya jelas.  Lembaga tersebut membantu pemerintah dalam memproduksi dan memperbanyak benih varietas tanaman tertentu sedangkan pemerintah memberikan pengawasan terhadap benih yang dihasilkan dengan cara melakukan sertifikasi. Sertifikasi benih adalah rangkaian yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi melalui pemeriksaan lapangan, pengujian laboratorium dan pengawasan serta memenuhi semua persyaratan untuk diedarkan. Dari kegiatan sertifikasi akan diperoleh sertifikat benih. Sertifikasi dilakukan oleh pengawas benih tanaman yang berada di UPTD Perbenihan/IP2MB yang berada di Propinsi.

Di dalam pelaksanaan sertifikasi, varietas yang ddisertifikasi harus merupakan varietas unggul yang telah mendapatkan pengesahan dan pengakuan tentang keunggulan yang dimiliki. Selama di pertanaman benih telah mendapat perlakukan pengujian  lapangan antara lain pengujian kemurnian, keseragaman dan kebersihan pertanaman. Setelah pengujian lapangan dilakukan pengujian laboratorium yang meliputi pengujian kemurnian varietas dan fisik, kadar air dan daya kecambah.
Didalam penyebaran dan distribusi benih suatu varietas unggul yang telah resmi dilepas harus memperhatikan tata cara penyalurannya, mulai dari lembaga yang menghasilkan varietas tersebut sampai benih diterima oleh para konsumen. Pada jalur penyaluran benih dari penghasil benih sampai kepada konsemen dikenal beberapa istilah kelas benih, yaitu:
1.    Benih Penjenis (breeder seed)
Benih penjenis merupakan suatu benih dari suatu varietas unggul yang dihasilkan oleh para pemulia tanaman yang masih sangat murni. Jumlahnua masih sangat sedikit dan masih secara langsung mendapatkan perawatan serta pengawasan dari pemulianya. Label yang diberikan untuk benih penjenis berwarna kuning.
2.    Benih Dasar (Foundation Seed)
Benih dasar merupakan keturunan (benih) yang dihasilkan  dari hasil pertanaman benih penjenis  dan masih mendapatkan perlakuan tertentu sehingga kemurnian sifat-sifat genetiknya tetap tinggi. Pengawasan penanaman dan pertanaman masih dilakukan oleh para pemulia tanaman dan ahli perbenihan. Label yang diberikan untuk benih dasar berwarna putih.
3.    Benih Pokok (Registered Seed atau Stock Seed)
Benih pokok merupakan benih hasil keturunan pertanaman benih dasar dan diperlakukan dengan sebaik baiknya selama di pertanaman untuk menjaga tingkat kemurnian genetiknya. Untuk benih pokok label yang diberikan berwarna ungu .
4.    Benih Berlabel (Certified Seed)
Benih berlabel merupakan benih hasil perbanyak benih pokok ataupun merupakan perbanyakan langsung dari benh dasar. Selama di pertanaman juga mendapatkan perlakuan-perlakuan untuk menjaga tingkat kemurnianya.
Benih berlabe ini secara langsung dipasarkan kepada para konsumen/petani sehingga sering disebut juga sebagai benih sebar (extension seed). Benih sebar diberikan label berwarna biru.
Di dalam  Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 39/Permentan/OT.140/8/2006 tentang Produksi, Sertifikasi dan Peredaran Benih Bina,  Benih Sebar yang diperbanyak melalui vegetatif merupakan benih hasil okulasi/grafting dari mata tempel atau bahan sambung yang diambil dari pertanaman pohon induk di Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT), Kebun Induk (KI), Kebun Entres (KE) yang disambung dengan batang bawah di blok perbanyakan Benih. Benih Sebar tersebut di atas khususnya untuk jenis tanaman yang menyerbuk sendiri dan faktor perbanyakannya rendah, dapat digunakan sebagai benih sumber untuk perbanyakan.

Sumber :
1.    Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 39/Permentan/OT.140/8/2006 tentang Produksi, Sertifikasi dan Peredaran Benih Bina
2.    Dasar-Dasar Pemuliaan Tanaman yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Woerjono Mangoendidjojo, Md, MSc.
3.    Balai Besar Penelitian Padi Sukamandi

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Web hosting

Sponsor

Pulsa Elektrik Murah
Anda dapat melakukan Pengisian Pulsa dari Hp Pribadi Anda Selamanya - Stok Pulsa Nasional
Jasa Design Website
Jasa Design Website Murah Harga Mulai Rp 300.000,- Pesan Cepat Pelayanan Memuaskan
Loket Listrik Online
Bagi Anda yang berminat untuk buka loket pembayaran listrik, daftar sekarang...!!!
DVD Mario Teguh Rp 60.000,-
Lebih dari 70 Episode dalam 1 DVD dapat anda miliki sekarang...!!!

Produk Sawit Costarika

Produk Sawit Costarika


Harga Produk

Bibit Kecambah Sawit Costarika Rp. 290.000/box - Isi 250 Biji/box
(Belum Termasuk Ongkos Kirim)

Kami Memberikan Harga Khusus Bagi Reseller

Archive

Total Tayangan Halaman


Alexa Site Audit logotype