Post

Peluncuran Program Desa Model


Rumah Pangan Lestari ini mampu meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat hanya dengan memanfaatkan beberapa luas halaman pekarangan, demikian dikatakan Menteri Pertanian Suswono pada peluncuran Desa Model berbasis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin pada 3 Pebruari 2012. Konsep ini jika dikelola dan dioptimalisasi dengan baik akan menambah pendapatan, buktinya ada satu rumah tangga yang menghasilkan sebesar Rp. 1,5 juta perbulan dari sayuran saja belum lagi dari peternakan dan lainnya.


Di tahun 2012 ini Sumatera Selatan yang memiliki 11 Kabupaten dan 4 Kota, akan ada 8 kabupaten yang akan direplikasikan KRPL. Program Rumah Pangan Lestari (RPL) ini telah dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui program Gerakan Perempuan untuk Optimalisasi Pekarangan (GPOP) dan merupakan program nasional yang dapat direplikasi di seluruh provinsi di Indonesia. RPL bertujuan meningkatkan penghasilan, pemberdayaan masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan nasional serta menopang kebutuhan pangan warga saat harga di pasaran melonjak. 


Menteri Pertanian menegaskan gerakan program ini harus terus dilakukan melalui desa percontohan di setiap Kota/Kabupaten, karena itu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di seluruh Indonesia sebagai instansi di bawah Kementerian Pertanian wajib mereplikasi dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan bimbingan serta pendampingan kepada seluruh KRPL yang tentunya akan memberikan sumbangsih besar bagi nilai pengoptimalan lahan dan ekonomi masyarakat. Di dalam aplikasinya, jika tidak memiliki cukup lahan untuk menanam, dapat dilakukan dengan sistem vertikultur. 


Pada peluncuran desa model berbasis kawasan rumah pangan lestari di kelurahan talang keramat oleh Menteri Pertanian Suswono yang didampingi beberapa pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian RI, turut dihadiri oleh Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Sumsel, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin, Kepala-kepala Dinas Pemprov/Kabupaten serta tamu undangan lainnya.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Web hosting

Sponsor

Pulsa Elektrik Murah
Anda dapat melakukan Pengisian Pulsa dari Hp Pribadi Anda Selamanya - Stok Pulsa Nasional
Jasa Design Website
Jasa Design Website Murah Harga Mulai Rp 300.000,- Pesan Cepat Pelayanan Memuaskan
Loket Listrik Online
Bagi Anda yang berminat untuk buka loket pembayaran listrik, daftar sekarang...!!!
DVD Mario Teguh Rp 60.000,-
Lebih dari 70 Episode dalam 1 DVD dapat anda miliki sekarang...!!!

Produk Sawit Costarika

Produk Sawit Costarika


Harga Produk

Bibit Kecambah Sawit Costarika Rp. 290.000/box - Isi 250 Biji/box
(Belum Termasuk Ongkos Kirim)

Kami Memberikan Harga Khusus Bagi Reseller

Archive

Total Tayangan Halaman


Alexa Site Audit logotype